Pengetahuan Dapur pastry

Pastry





Pengertian Pastry (Patiseri)

Pastry / patiseri merupakan sebuah salah satu pengetahuan didaam sebuah pengolahan dan penyajian makanan , terutama pada proses serta sekarang pada berbagai jenis kue . Patiseri tersebut berasal dari bahasa Prancis yakni ” Patisserie ” yang memiliki arti kue-kue. Oleh karena itu Patiseri atau pastry ini apat diartikan ialah sebagai ilmu yang mempelajari mengenai seluk beluk kue kue kontinenl baik, itu oriental serta juga kue Indonesia entah itu mulai dari persiapan , pengolahan sampai pada presentasi .
  • Pastry di dunia perhotelan ialah salah satu departemen f & b yang produknya itu memiliki tugas ialah membuat kue juga dessert kue untuk keperluan seperti sarapan, coffe break, makan siang & makan malam .
  • Bakery di perhotelan ialah salah satu bagian dari kue pekerjaan itu membuat berbagai roti untuk keper luan seperti kue , sarapan, coffe break, makan siang serta juga makan malam .

Pengertian Pastry Menurut Para Ahli

Menurut Adjab Subagjo, (2007 :87)
Didalam bukunya Management Pengolahan Kue dan Roti. “Pastry merupakan suatu bagian dari food product atau dapur yang terdapat di dalam lingkup food and beverage department yang memiliki tugas didalam pembuatan dessert atau juga makanan penutup, snack atau makanan pengirim minuman, seperti misalnya kue dan roti.
Menurut Bartono (2005 :164)
Dalam bukunya Food Product Management di Hotel dan Restoran mengatakan bahwa “pastry ialah suatu bagian dari dapur yang memproduksi itu khususnya pada berbagai jenis roti, cake, dan juga dessert.

Ruang lingkup pastry

Patiseri ini dibagi menjadi dua , yaitu kue-kue oriental serta kue-kue benua . Kue Indonesia itu termasuk pada jenis kue oriental , sedangkan kontinental , ragi produk , roti , kue serta icings , cookies , kue-kue , krim , puding , beku makanan penutup , permen .
Perbedaan kue continental dengan kue oriental itu salah satunya terletak pada lemak yang digunakan. Kue Kontinental pada dasarnya menggunakan lemak padat misalnya seperti margarin , mentega dan juga shortening . Kue Oriental pada dasarnya menggunakan lemak cair, seperti santan serta juga minyak.
Berdasarkan pada asal katanya pastry berasal dari kata paste yang berarti campuran terigu, cairan dan lemak. Pembuatan pastry mengacu pada berbagai adonan (paste and dough) dan banyak lagi produk turunannya. Produk pastry ada yang menggunakan ragi dan ada juga yang tidak menggunakan ragi. Pada umumnya produk pastry bertekstur crispy, adonan tidak kalis. Namun, beberapa produk pastry membutuhkan adonan yang kalis saat diroll seperti Danish Pastry, Croissant, Puff Pastry.








Komentar